Senin, 08 Maret 2021

 Tema 7 dengan PjBL (Project Based Learning)

untuk jangka waktu 1 bulan atau 1tema

mulai dari sub.1 sampai sub.4

Projectnya: Menanam, merawat serta mengetahui tahapan perkembangan tumbuhan mulai dari biji

 

Tema 7 Sub.2

KD yang muncul:

-Pkn KD 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

-B.Indonesia KD 3.8 merinci ungkapan, penyampaian terima kasih, permintaan maaf, permintaan yolong,pujian ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu engan kosa kata bahasa daerah

- Mtk KD 3.3 membandingkan bilangan cacah hingga 99 dengan kumpulan objek/benda /gambar

- SBdP KD 3.3 mengenal gerak anggota tubuh melalui tari


       Pembelajaran  I




Tujuan Pembelajaran:

- Melalui  gambar dan penjelasannnya, siswa dapat mengetahui cara merawat hewan dengan baik

- melalui gambar cara memperlakukan hewan, siswa dapat membedakan sikap menyayangi dan tidak menyayangi hewan

 

Apersepsi:

minggu yang lalu pada materi Sub.1 kita sudah mengenal benda hidup dan tak hidup. Benda hidup diantaranya ialah makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Pada sub.2 ini kita akan membahas makhluk hidup yaitu hewan yang hidup disekitar kita.

Hewan yang ada dilingkungan sekitar kita hendaknya kita perlakukan dengan baik atau disayangi, apalagi jika hewan tersebut sengaja kita pelihara.

 

Perhatikan gambar berikut!

 


Dari gambar tampak cara merawat hewan peliharaan sapi:

1.      Member makan rumput pada sapi

2.      Membersihkan kandang sapi dari kotorannya

3.      Member minum juga memandikan sapi

4.      Setelah dirawat dengan baik, hewan peliharaan akan memberikan manfaat kepada manusia. Dalam hal ini sapi dapat diperah atau  diambil susu nya yang mana dijadikan minuman untuk kesehatan manusia.

 Selain sapi,  masih banyak hewan lain yang dapat dipelihara. Coba perhatikan gambar berikut! gambar mana sajakah yang menunjukkan sikap memelihara atau menyayangi dan manakah yang tidak? (hanya untuk pemahaman)

  


Sudah dilihat dan diperhatikan, tentu kalian dapat membedakan ya sikap merawat atau menyayangi dengan yang tidak.

Benar sekali sikap merawat ada pada gambar bernomor 1. 4 dan 5

 Nah.. sekarang tugas kalian melalui voicenote ceritakan hewan apa yang kalian pelihara atau yang ada di sekitar lingkungan rumahmu, dan bagaimana cara merawatnya, kirim voicenotenya melalui WA grup ya!

Hasil belajar siswa:








Komentar

  1. Nama:salsabila nurrizki arsy sidanu
    Kelas: 1D
    Absen: 26
    Hadir bu

    BalasHapus
  2. Ass bu Anggi
    AQILAH ATHAYA MAHARANI
    Kelas.1 D
    No.absen.4
    HADIR🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama Febri Ainun Rachman Santoso
    Kelas 1d
    Absen 12
    Hadir

    BalasHapus
  4. Ryuda Lais Arsalan
    Kelas 1D/25
    Hadir bu

    BalasHapus
  5. Assalamuallaikum..
    Azka Abdi Putra M
    1D/Absen no.7
    Hadir bu...

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum bu guru
    Fadhilah Maulidha Azzahra
    1D / no absen 11
    Hadir bu guru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamis, 25 Februari 2021

RABU, 24 FEBRUARI 2021

Senin, 01 Maret 2021